Ringkasan Dongeng Si Timun Emas - Rifqi Guru -->

Ringkasan Dongeng Si Timun Emas

Contoh ringkasan Dongeng Si Timun Emas ini sebagai bahan bacaan para pecinta Dongeng. Dongen Si Timun Emas ini sudah tidak asing lagi bukan di telinga orang Indonesia. Untuk itu kami mencoba memberikan ringkasan dari Dongeng si Timun Emas ini sebagai bacaan.

resensi-dongeng-indonesia

DONGENG SI TIMUN EMAS


Satu keluarga petani bertempat tinggal di desa dekat hutan. Pak dan Bu Tani hidup sebagai suami istri, mereka berpenghasilan sedikit. Walaupun demikian mereka pun sudah bahagia. Namun mereka juga belum bahagia karena belum dikaruniai anak. Kedua suami istri itu sangat menginginkan anak. Setiap hari mereka berdoa agar dikaruniai anak. Doa ini dilakukan setiap malam.

Suatu malam Raksasa sakti dan buas penjaga hutan mendengar doa kedua suami istri itu. Raksasa itu berkata dengan suaranya yang keras, bagai guruh yang seakan – akan dapat membelah hutan. “Hai, manusia aku akan membantumu”. Suami istri itu gemetar tubuhnya mereka amat ketakutan, tetapi dalam hati mereka senang sekalipun mereka tidak tahu suara siapa itu. Mereka hanya berpikir keinginannya akan kesampaian.

Suami istri itu tidak dapat tidur hingga pagi hari. Hatinya bagai terbelah dua. Mereka merasa senang karena keinginan mempunyai anak akan terpenuhi. Namun, mereka sedih kalau anak itu lahir perempuan harus diserahkan. Kepada siapakah anaknya nanti akan diserahkan? Suara apakah itu ? jangan-jangan suara Raksasa jahat.

Setahun kemudian istri petani itu melahirkan seorang anak perempuan. Cantik sekali parasnya seperti bidadari yang turun ke bumi. Bayi perempuan itu diberi nama Timun Emas.

Hari, minggu, bulan dan tahun pun silih berganti. Anak gadis kecil itu bertambah hari bertambah cantik. Kedua orang tua Timun Emas memikirkan nasib gadisnya.

Pada suatu malam Timun Emas sedang tidur nyenyak, dilihati oleh sang ayah dan ibunya. Kemudian mereka mendengar suara Raksasa. Sang suami mengintip dari lubang dinding rumahnya, istrinya ikut mengintip. Betapa terkejut mereka dan menggigil seluruh badannya . Ternyata suara itu datang dari Raksasa yang tinggi dan besar badannya. Lima hari lagi Raksasa akan datang lagi. Tiga hari sebelum Raksasa datang, Timun Emas dipanggil ibunya lalu diberi tahu janji ayah dan ibunya kepada Raksasa yang tidak dapat ditunda-tunda. Timun Emas seorang anak yang tabah dan penuh bakti kepada orang tuanya.

Ketika Raksasa datang, cepat-cepat ibunya menyuruh anaknya meninggalkan rumah melalui pintu belakang. Timun Emas terus melangkah. Sang Raksasa segera mengejarnya.

Timun emas melemparkan biji mentimun dan berubah menjadi hutan mentimun, melempar duri menjadi hutan penuh duri, lalu Timun Emas melempar garam tiba-tiba menjadi lautan. Raksasa itu selalu mengejar Timun Emas. Timun Emas selanjutnya melempar terasi danberubah menjadi laut lumpur. Raksasa itu mencebur kelaut lumpur, namun badannya tenggelam dan berteriak meminta tolong.

Akhirnya sang Raksasa tenggelam ditelan laut lumpur yang dahsyat. Timun Emas selamat dan bersyukur kepada Yang Maha Kuasa karena terlepas dari bahaya besar. Timun Emas berdiri kembali menelusuri jalan menuju pondok ayah dan ibunya yang sudah menunggu di rumah.

Demikianlah ringkasan Dongeng si Timun Emas ini. Semoga bisa menjadi bahan literasi bagi semuanya. Salam Literasi Online.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel