9 Cara Mudah Mengajarkan Tata Bahasa kepada Siswa - Rifqi Guru -->

9 Cara Mudah Mengajarkan Tata Bahasa kepada Siswa

Pada anak usia 14 sampai 17 tahun, bisa dijumpai siswa dalam satu kelas beragam. Ada yang suka menulis, ada yang hanya iseng menulis, dan ada yang sangat tidak suka menulis. Ini berbanding lurus dengan keterampilan tata bahasa mereka. Siswa yang sangat membenci menulis biasanya anak tersebut memiliki keterbatasan dalam mengembangkan kemampuan/keterampilan dalam tata bahasanya. Bahkan bisa dibilang sangat minim. Berbeda dengan anak yang suka menulis, pasti mereka akan memiliki kemampuan/keterampilan tata bahasa yang lebih baik.

9-cara-mudah-mengajarkan-tata-bahasa-kepada-siswa

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan “9 Cara mudah mengajarkan tata bahasa kepada Siswa
  1. Jangan berusaha memberikan pelajaran tata bahasa formal kecuali anak tersebut luar biasa reseptif dan ingin belajar. Ajarkan tata bahasa bersamaan dengan mengajar anak menulis.
  2. Sebutlah bantuan kita sebagai “penyuntingan” dan selalu tawarkan sebagai bantuan, bukan keharusan.
  3. Gunakan istilah tata bahasa yang benar ketika membantu anak kita dengan tulisan mereka, tetapi lakukan secara sambil lalu. Jangan berusaha membuat mereka mempelajari istilah-istilah itu. Biarkan mereka mencernanya secara alami.
  4. Jangan berusaha mengajarkan struktur kalimat sampai kalimat bersusun mulai terlihat dalam tulisan anak kita.
  5. Begitu kalimat bersusun mulai merayapi tulisan anak kita, pujilah mereka dan sebutkan nama konstruksi kalimat itu untuk mereka.
  6.  Setelah anak kita mulai memakai kalimat bersusun dalam tulisannya, dan setelah kita berkesempatan membuat dia akrab dengan peristilahannnya, jelaskan kalimat run-on dan fragmen kalimat apabila mereka meminta bantuan penyuntingan.
  7. Mulailah memperhatikan keseiringan dalam tulisan mereka.
  8. Ajak anak kita sekali-kali untuk membaca tulisan kita dan menyarankan penyuntingan terhadap tulisan yang kita buat.
  9. Sediakan buku tata bahasa untuk mengatasi masalah yang muncul.

Sedikit informasi tentang tata bahasa, yang bisa kami sampaikan pada pengunjung blog rifqi guru. Dalam postingan ini kami beri judul “ 9 cara mudah mengajarkan tata bahasa kepada siswa“. Semoga membantu para guru dalam membimbing siswanya untuk belajar tata bahasa. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "9 Cara Mudah Mengajarkan Tata Bahasa kepada Siswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel