Pidato Topik Tanggung Jawab sebagai Perilaku Terpuji - Rifqi Guru

Pidato Topik Tanggung Jawab sebagai Perilaku Terpuji

Contoh Teks Pidato kali ini kami dahului dengan sajian kerangka pidato yang terdiri dari pendahuluan, isi atau materi pidato, penutup, dan kesimpulan. Diharapkan para siswa yang akan membuat pidato mengetahui kerangka pidato terlebih dahulu. Sehingga mereka akan memiliki catatan secara garis besar terhadap pidato yang akan disampaikan di muka umum. Pidato yang akan kami sampaikan ini bisa digunakan untuk mengikuti lomba pidato di tingkat sekolah dasar atau menengah. Tentunya dengan editing yang seperlunya.

pidato-topik-tanggung-jawab-sebagai-perilaku-terpuji


Kerangka Pidato

Topik : Tanggung Jawab sebagai Perilaku Terpuji

I. Pendahuluan
Salam pembukaan
Penghormatan kepada hadirin
Ucapan syukur
Pengantar materi

II. Isi/Materi
Tanggung jawab sebagai kepala sekolah
Tanggung jawab sebagai guru
Tanggung jawab sebagai ketua kelas
Tanggung jawab sebagai siswa
Tanggung jawab sebagai warga sekolah

III. Penutup
Kesimpulan
Anjuran untuk berperilaku terpuji
Permohonan maaf atas kesalahan dan kekurangan
Salam penutup

Pidato Topik Tanggung Jawab sebagai Perilaku Terpuji

Assalamu’alaikum  warrohmatullohi wabarrokatuh.
Bismillahirrohmanirrohim, alhamdulillahirrobil’alamin, robbisrohli sodri wayahsirli amri, wahlul ‘ukdatammillisani yafqohu qouli amma ba’du.

Dewan juri yang kami hormati serta rekan-rekanku yang berbahagia, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan  hidayah-Nya kepada kita sehingga kita dapat melaksanakan acara ini tanpa ada halangan suatu apapun.

Hadirin yang kami hormati, tanggung jawab adalah salah satu perbuatan yang sangat terpuji. Tanggung jawab mempunyai arti sebagai sebuah tindakan untuk memenuhi kewajiban dan tugas yang telah diamanahkan kepada kita. Dalam lingkungan sekolah terdapat kepala sekolah, guru, dan siswa yang masing-masing mempunyai tanggung jawab berbeda-beda sesuai kedudukannya sebagai warga sekolah. Sebagai kepala sekolah pasti mempunyai tanggung jawab yang lebih besar dibanding warga sekolah lainya. Karena kepala sekolah adalah pemimpin sekolah yang selalu dimintai pendapat ataupun solusi jika terjadi sebuah masalah. Menjadi pembimbing para guru dan siswa agar menjadi lebih baik serta menjadi manusia yang lebih bermutu.

Hadirin yang berbahagia, guru adalah sebuah pekerjaan yang sangat mulia. Mengingat jasanya yang sangat besar pada bangsa ini maka guru dijuluki sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Karena para gurulah kita bisa menulis dan membaca, kita jadi tahu beraneka ragam ilmu, dan patutlah jika guru dianggap sebagai pelita dalam kegelapan. Besar memang tanggung jawab seorang guru, mendidik para siswany agar kelak mampu menjadi anak yang berguna bagi bangsa, negara, dan agama. Selain mendidik, guru juga mempunyai tugas untuk membimbing seluruh siswanya untuk mengetahui hal yang baik dan buruk yang tidak boleh dilakukan. Karena kedekatan guru dan siswa, maka guru dianggap sebagai orang tua kedua yang dapat menjadi pelindung bagi siswa-siswanya.

Hadirin yang kami hormati, di sekolah kita juga mengenal ketua kelas, yang terpilih secara musyawarah mufakat, voting maupun secara aklamasi. Apapun yang dipilih, kita harus menghargai dan menaati keputusan bersama. Karena tugas dan tanggung jawab seorang ketua kelas juga cukup berat. Mulai dari mengecek kehadiran siswa, mengecek tugas piket, memberikan solusi jika terjadi perselisihan di dalam kelas dan mengarahkan siswa lainya agar lebih siap menerima pelajaran. Berkedudukan sebagai seorang siswa, ketua kelas mempunyai tanggung jawab yang sama dengan siswa lainnya. Hadir tepat waktu, melaksanakan piket, mengerjakan pekerjaan rumah, menaati aturan yang dibuat pihak sekolah, dan itu hanya beberapa contoh tanggung jawab kita sebagai seorang siswa yang baik.

Hadirin yang berbahagia, menjadi kepala sekolah,guru, ketua kelas, siswa dan apapun status kita sebagai warga sekolah pastilah kita harus mempertanggungjawabkan segala perbuatan kita terhadap diri sendiri, orang lain, bangsa dan negara serta kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai warga sekolah yang baik, tentunya kita mampu menjadi sahabat bagi siapapun,  menegur sesama jika melakukan sebuah kesalahan dan dengan lapang dada menerima masukan demi kemajuan kita bersama. Kita tidak boleh merasa lebih baik dari orang lain, menghormati pada yang lebih tua dan menyayangi pada yang lebih muda adalah contoh bentuk tanggung jawab kita terhadap sesama.
Hadirin yang kami hormati, dari uraian di atas dapat kita simpulkan, bahwa tanggung jawab merupakan salah satu contoh perbuatan yang terpuji dan bukan hanya kita lakukan sendiri tetapi semua manusia melakukannya. Perbuatan yang sudah sepantasnya kita junjung tinggi sebagai insan yang beragama dan melakukannya adalah perbuatan yang sangat baik. Kiranya hanya ini yang dapat saya sampaikan. Jika ada kesalahan dan kekurangan, kami mohon maaf yang setulus-tulusnya. Akhir kata, billahi taufik wal  hidayah.

Wassalamu’alaikum warrohmatullohi wabarrokatuh.

Demikianlah contoh pidato dengan topik Tanggung Jawab sebagai Perilaku Terpuji. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel