Contoh Pidato Hari Kartini - Rifqi Guru -->

Contoh Pidato Hari Kartini

Hari Kartini merupakan hari dimana dikenangnya sosok pahlawan wanita yang menjadi kebanggaan kaum wanita di Indonesia. Biasanya diadakan lomba-lomba untuk memperingati hari lahirnya. Seperti lomba pidato, lomba kewanitaan, lomba pakaian atau busana wanita dan lainnya. Nah bagi kamu yang akan mengikuti lomba pidato bertema hari kartini, bisa mengambil contoh dari postingan ini yang kami sajikan dengan judul Contoh Pidato Hari Kartini.

contoh-pidato-hari-kartini

Contoh Pidato Hari Kartini

Assalamu’alaikum warrohmatullohi wabarrokatuh.

Bismillahirrohmanirrohim, alhamdulillahirrobil’alamin, robbisrohli sodri wayahsirli amri, wahlul ‘ukdatammillisani yafqohu qouli amma ba’du.

Dewan juri yang saya hormati serta para hadirin yang berbahagia, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat melaksanakan acara ini tanpa ada halangan suatu apapun.

Hadirin yang saya hormati, saya memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas terselenggaranya lomba pidato ini, dalam rangka memperingati Hari Kartini. Wanita, bukan dari tulang ubun-ubun ia tercipta, karena berbahaya membuatnya selalu merasa disanjung dan dipuja. Bukan pula dari tulang telapak kaki, karena nista membuatnya merasa diinjak dan diperbudak. Tapi dari tulang rusuk kiri, dekat ke tangan untuk dilindungi dan dekat ke hati untuk dicintai. Seperti itulah saya menggambarkan sosok seorang wanita.

Bicara tentang wanita, kita akan teringat sosok seorang ibu, dengan susah payah bekerja, mengandung dan melahirkan kita. Meski beliau hanyalah sebagai seorang ibu rumah tangga, tapi jasa beliau tak kan bisa kita balas dengan emas permata. Kasih sayangnya sepanjang jalan, bahkan cintanya seperti udara yang kita hela setiap saat. Ibu adalah tempat pertama kita mengetahui dunia, pendidikan pertama yang kita terima adalah dari seorang ibu. Mari kita bersama-sama bernyanyi untuk ibu kita yang tercinta, kita dedikasikan lagu ”Kasih Ibu” untuk beliau.

Kasih ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa

Hanya memberi, tak harap kembali

Bagai sang surya menyinari dunia

Hadirin yang berbahagia, mirisnya hati kita dengan jaman globaliasi yang ditiru orang luar negeri. Mereka kaum elit yang menyia-nyiakan ibu mereka. Menitipkan orang yang dengan ikhlas merawat kita di panti jompo. Memenuhi kebutuhan mereka dengan barang-barang mewah. Membelikan mereka perhiasan-perhiasan mahal. Bukan, bukan itu yang mereka harapkan. Perhatian dan kasih sayang kitalah yang meraka inginkan. Lalu, di manakan nurani kita sebagai wanita? Lalu apa pertanggungjawaban kita sebagai anak? Masihkah kita menganggap kalau kita sudah berbakti pada ibu kita? Bahkan lima menit saja kita tidak punya waktu untuk beliau, lalu kita berkata, “sibuk, ini jaman emansipasi wanita”. Emansipasi wanita siapa yang kita pakai? Dengan melupakan kodrat kita sebagai anak dan ibu, patutlah kita menunduk malu.

Para hadirin yang berbahagia, mari kita teriakan kata-kata indah untuk ibu kita. Mari kita bersama-sama, setelah ini meminta maaf pada beliau. Membasuh kakinya dengan ikhlas, mencium keningnya dengan takzim dan bisikan dengan lembut di telinganya “aku cinta ibu “. Kiranya hanya itu yang dapat saya sampikan, apabila ada kata-kata saya yang kurang berkenan dihati para hadirin saya mohon maaf yang setulus-tulusnya. Jazakumulloh ahsanal jazza, bilahitaufik wal hidayah.

Wassalamu’alaikum warrohmatullohi wabarrokatuh.

Demikianlah Contoh Pidato Hari Kartini yang disajikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Pidato Hari Kartini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel