Benarkah Kepala Sekolah SD Tetap Menerima Tunjangan Profesi Walau Tidak Mengajar 24 Jam - Rifqi Guru

Benarkah Kepala Sekolah SD Tetap Menerima Tunjangan Profesi Walau Tidak Mengajar 24 Jam

Dapodik tahun pelajaran 2017/2018 sebentar lagi akan dirilis dengan versi 2017.d. Ada informasi menarik yang mungkin masih belum tau. Yaitu Kepala Sekolah tidak diwajibkan memenuhi 24 jam tatap muka atau mengajar di kelas untuk bisa menerima tunjangan sertifikasi guru atau tunjangan profesi. Hal ini didasarkan pada PP Tahun 2017 Nomor 019. PP ini menjadi pengganti PP tentang Guru yaitu PP Tahun 2008 Nomor 74. Berdasarkan perubahan tersebut maka dipastikan bahwa KS (Kepala Sekolah) tetap bisa menerima tunjangan.

tunjangan-profesi-kepala-sekolah

Lalu pada pasal berapakah konteks tidak diharuskannya mengajar tatap muka di kelas sebagai pemenuhan 24 jam perminggu ini? Lantas kenapa tetap bisa menerima tunjangan tersebut?.

Kepala Sekolah tidak perlu mengajar itu tergantun situasi dan kondisi sekolah tempat bertugasnya. Jika memang masih kekurangan tenaga pengajar, maka sebagai kepala sekolah perlu untuk melengkapi tugas tersebut. Sehingga di pembelajaran kepala sekolah perlu dimasukkan (MAPING Pembelajaran). Hal ini biasanya bagi kepala sekolah di sekolah dasar, yang memang kebutuhan guru yang masih belum terpenuhi. Tetapi kebanyakan di sekolah menengah baik pertama maupun atas, hampir semua kepala sekolah sudah tidak perlu. Karena sudah tercukupinya petugas pengajara (guru).

Pada Poin ke 24 pada Peraturan Pemerintah Tahun 2017 Nomor 019 tersebut telah tertulis tentang perubahan pada Pasal 54 yang berkaitan dengan beban kerja kepala sekolah sepenuhnya sebagai managerial, pengembangan kewirausahaan, dan melaksanakan tugas supervisi terhadap guru dan tenaga kependidikan. Untuk lebih jelasnya mungkin bapak dan ibu bisa download PP Tahun 2017 Nomor 019 di Internet sudah banyak. Atau minta salinan tersebut ke Dinas terkait.

Artikel ini hanyalah sebagai informasi untuk lebih mendapatkan informasi secara cepat. Mohon maaf jika dalam penafsiran poin demi poin ada kesalahan. Silahkan berkomentar jika dirasa perlu. Semoga tulisan ini bisa menjawab beberapa teman yang agak risau yakin atau tidak dengan informasi tunjangan profesi akan tetap dibayarkan kepada kepala sekolah yang tidak mengajar 24jam di kelas. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel