Halal Bi Halal di Sekolah Dasar - Rifqi Guru -->

Halal Bi Halal di Sekolah Dasar

Halal Bi Halal setiap Hari Raya Idul Fitri merupakan momen yang tak pernah terlewatkan bagi setiap muslim di Indonesia. Momen ini biasanya berlangsung selama bulan syawal. Setau saya adat saling maaf memaafkan ini hanya ada di Indonesia. Dengan halal bi halal ini kita bisa kembali ke kesucian kita seperti saat kita baru dilahirkan ke dunia ini. Sehingga tak heran setiap instansi pemerintahan seperti di sekolahan-sekolahan mengadakan kegiatan ini di awal masuk tahun pelajaran baru. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga sekolah, di awali dari para guru dan karyawan bermaafan dengan kepala sekolah, dan diikuti oleh para murid dari kelas 1 sampai kelas 6.

halal-bi-halal-di-sekolah-dasar


Apa yang diucapkan saat halal bi halan di sekolah?

Bagi seorang guru dan karyawan mungkin tidak perlu diajarkan lagi bagaimana cara mengucapkan kata saling maaf-maafan ini. Tetapi biasanya untuk para murid ada yang masih bingung apa yang harus diucapkan. Diawali dari kelas 6 meminta maaf kepada kepala sekolah guru dan karyawan dengan mengucapkan hal-hal sebagai berikut:
Pak Guru, Bu Guru, kami mohon maaf atas segala kesalahan kami.
Pak Guru, Bu Guru, selamat lebaran.
Pak Bu, Selamat Hari Raya Idul Fitri, dan
Sugeng Riyadi sedoyo lepat kulo nyuwun pangapunten nggeh (dalam bahasa Jawa).
Nah, itulah beberapa contoh ucapan halal bi halan dari siswa.


Manfaat Halal Bi Halal di Sekolahan

Seiring dengan tradisi yang sering dilakukan di bulan syawal ini, ternyata ada beberapa manfaatnya, diantaranya adalah :
Melatih para siswa untuk saling bermaafan
Memupuk rasa persaudaran antar siswa
Meningkatkan rasa percaya diri siswa
Membangkitkan semangat belajar

Tentu pelaksanaan tradisi halal bi halal ini berbeda-beda dari sekolah satu dengan lainnya. Namun hampir semua sekolahan di Indonesia melaksanakan tradisi ini mengingat mayoritas penduduk di Indonesia adalah Islam. Semoga tradisi ini selalu ada dan semakin memberikan manfaat yang positif bagi semua. Tidak hanya saat Idul Fitri saya ya, kita bermaafan, tetapi setelah kita melakukan kesalahan baiknya langsung meminta maaf. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Halal Bi Halal di Sekolah Dasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel