Cara Mengajarkan Anak SD Menulis - Rifqi Guru -->

Cara Mengajarkan Anak SD Menulis

Mengajarkan anak menulis saat sekolah dasar memang bisa dibilang sulit. Bahkan oleh guru lulusan jurusan pendidikan dasar. Maka tak jarang ditemukan beberapa guru yang menolak untuk diberi tugas mengajar kelas 1 SD. Dengan alasan karena anak usia SD, butuh keahlian khusus dari segi teknik mengajar dan teknik psikologi guru. Saya percaya dengan melatih anak yang belum bisa menulis menjadi bisa menulis suatu kepuasan tersendiri bagi seorang guru. Bagi siswa yang mau berlatih menulis saya percaya, mereka anak cepat bisa menguasai keterampilan menulisnya. Untuk itu saya berikan penjelasan bagaimana cara mengajar anak SD yang belum bisa menulis.

cara-mengajarkan-anak-sd-menulis

Pada dasarnya biasanya seorang siswa bisa menulis dengan baik, jika mereka bisa membaca. Maka dari itu, keterampilan yang diajarkan dalam ilmu bahasa adalah membaca bukan menulis. Nah bagi guru yang memang mengalami kesulitan dalam membina siswanya di sekolah, karena tulisan mereka yang kurang baik, atau bahkan sama sekali tidak bisa menulis. Mari para guru ajari anak didik kita kita agar terampil dalam menulis. Lantas bagaimanakah caranya untuk melatih mereka agar dapat menulis? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Kenalkan Huruf
Huruf latin dari Huruf A sampai Z perlu dikenalkan pada mereka. Kenalkan huruf kecil terlebih dahulu. Jika mareka sudah bisa menulis sampai dengan tahapan ke lima nanti di bawah ini, barulah mereka kenalkan dengan huruf besar atau huruf KAPITAL. Latihlah mereka sampai mereka benar-benar mengenal semua huruf. Kalau perlu uji mereka dengan disuruh membaca secara acak huruf-hurufnya. Dan jika mereka sudah bisa membedakan huruf, barulah ikuti tahapan kedua ini.

2. Ajarkan mereka menulis Huruf demi Huruf
Setelah anak anda bisa mengenal dan membedakan huruf demi huruf, ajarkan mereka dan dampingi mereka menulis huruf dari A - Z. Ada yang beranggapan bahwa menulis huruf haruslah urut dari A sampai Z. Mungkin cara ini bisa anda coba ya. Tulislah huruf mulai dari awal.

3. Menulis suku kata
Setelah mereka bisa menulis huruf demi huruf, cobalah minta mereka menulis satu suku kata saja. Tetapi minta mereka untuk menulis huruf konsonan dan huruf vokal, agar mereka lebih mudah memahaminya.

4. Menulis kata
Menulis huruf sudah, menulis suku kata sudah. Sekarang tahapan berikutnya adalah ajak mereka untuk menulis satu kata dulu. Kalau sudah bisa dua kata, dan seterusnya. Dan pastinya agar lebih menarik, beberapa kata yang diminta untuk menulis nantinya harus bisa dirangkai menjadi kalimat ya.

5. Menulis Kalimat
Tentunya jika sudah melalui keempat tahapan di atas, barulah latihlah mereka dengan cara menulis kalimat.

Melalui kelima cara di atas, alhamdulillah saya bisa mengajarkan anak didik saya yang tadinya tidak bisa menulis, sekarang sudah lumayan bisa menulis. Tapi perlu diingat bahwa latihan juga mempengaruhi keberhasilan anak anda. Jadi jangan patah semangat ya, silahkan terus berusaha tanpa menyerah. Mari berjuang demi anak didik kita, agar bisa menulis. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel